6 Hidangan Populer untuk Buka Puasa

Ada sejumlah makanan dan minuman yang ditunggu-tunggu selepas adzan Magrib di bulan Ramadan. Dari mulai kurma hingga es buah biasanya menjadi incaran masyarakat Indonesia.

Namun apa saja ya makanan dan minuman yang paling populer saat berbuka? Berikut enam hidangan terpopuler yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Kurma

Di bulan Ramadan, buah kurma biasanya paling dicari. Konon, sejak zaman Rasulullah SAW, buah ini telah dikonsumsinya untuk buka puasa.

Seiring perkembangan penelitian, buah yang aman bagi penyandang diabetes ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menyehatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan otak, dan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

2. Kolak

Kolak yang disajikan setelah waktu berbuka biasanya memiliki isi yang bermacam-macam. Ada kolak pisang, kolang-kaling, biji salak dan labu. Makanan bersantan ini populer karena telah dianggap budaya bagi masyarakat Indonesia. Tak heran, makanan pembuka ini kerap ada di setiap rumah atau penjual ta’jil di seluruh Indonesia.

3. Teh manis

Satu lagi minuman yang paling favorit untuk berbuka, teh manis. Baik disajikan dingin atau hangat, minuman ini cukup menyegarkan tenggorokan sesaat setelah adzan magrib berkumandang.

Ahli penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam sempat mengatakan, mengonsumsi segelas teh manis dan tiga butir kurma dapat mengisi kekosongan perut selama 6-8 jam sehingga kombinasi keduanya cocok bagi orang yang buka puasa.

4. Kue tradisional

Kue-kue tradisional juga masih menjadi hidangan pembuka paling favorit. Uniknya, tiap daerah di Indonesia memiliki kue yang bermacam-macam jenis dan namanya. Kue tradisional favorit termasuk putu ayu, apem, onde-onde dan banyak lagi.

5. Gorengan

Makanan yang satu ini biasanya tidak terlewatkan bagi umat muslim saat berbuka. Meski tidak sehat, makanan ini juga banyak dicari masyarakat.

6. Es buah

Minuman yang berisi bermacam-macam buah ini biasanya menjadi penyegar di kala berbuka. Rasanya yang manis, ditambah dengan buah segar membuat tubuh Anda terasa lebih segar setelah menyantapnya.

Tapi hati-hati bagi Anda yang menderita maag, Chinese Medical Doctor Master of Medicine, William Adi Teja mengatakan, saat berbuka puasa sebaiknya mengonsumsi minuman yang hangat.

“Bukan tidak boleh makan buah, namun diberi jeda setengah jam setelah mengonsumsi makanan utama agar penderita penyakit maag tidak mengalami jantung berdebar, perih dan mual,” jelasnya. (liputan6.com/ft.image)

Pola Makan Tak Sehat Saat Puasa Bisa Membahayakan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengingatkan masyarakat kabupaten setempat khususnya umat muslim yang tengah melaksanakan ibadah puasa agar senantiasa menjaga pola makan.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni di Painan, Jumat, mengatakan menjaga pola makan apalagi bagi umat muslim yang tengah melaksanakan ibadah puasa saat ini sangat diperlukan guna menjaga kesehatan usus dan lambung.

“Agar kesehatan selalu terjaga dalam menjalankan ibadah puasa maka diingatkan untuk tidak terlalu ekstrem dalam mengonsumsi makanan dan minuman karena kesehatan usus dan lambung sangat tergantung dengan pola makan dan minuman yang dikonsumsi, ” katanya.

Menurutnya, selama berpuasa tentu saja terjadi perubahan jadwal makan. Khusus makan nasi, dari biasanya tiga kali sehari, kini hanya dua kali sehari yaitu saat buka dan sahur sedangkan pada siang hari terjadi kekosongan.

Maka itu berupayalah menerapkan pola makan yang wajar dan tidak berlebihan supaya kesehatan selalu terjaga. Dengan menjaga pola makan tersebut maka kesehatan lambung dan usus bisa terjaga serta dapat beradaptasi dengan kondisi puasa.

Mengonsumsi sayur dan buah segar serta berbuka dengan makanan dan minuman yang manis-manis sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Ini tidak lain juga bertujuan agar kesehatan usus dan lambung tetap terjaga dengan baik.

“Kita harus dapat mengatur pola makan, maka itu saat berbuka puasa, makan atau minumlah dengan wajar dan jangan berlebihan karena jika berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lambung dan usus,” katanya.

Katanya, makanan sehat tentunya mengandung gizi empat sehat lima sempurna dan ini diharapkan menjadi perhatian bagi yang berpuasa.

Penyakit yang sering terjadi pada masyarakat selama berpuasa seperti kelainan lambung (maag) dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Penyakit tersebut, seringkali disebabkan oleh pola makan yang berubah selama bulan berpuasa.

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk bisa menjaga kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan tempat tinggal. Masyarakat yang berpuasa juga agar dapat banyak istirahat dan mengonsumsi makanan yang bergizi pada malam harinya.

Sedangkan, makanan yang baik untuk sahur adalah makanan yang dapat bertahan lama di tubuh dan bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu agar dapat mengurangi makanan pemicu kadar gula darah cepat turun karena menyebabkan timbulnya rasa lapar lebih cepat. (liputan6.com/ft.image)

Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Bibir kering dan pecah-pecah adalah masalah umum yang terjadi saat berpuasa. Hal ini tentu membuat para wanita khawatir karena masalah bibir bisa membuat penampilan menjadi pucat dan tidak segar. Penyebab hal itu bisa terjadi adalah dehidrasi, namun bukan berarti Anda tidak dapat mengatasi masalah ini. Berikut adalah tips mengatasi bibir kering selama puasa yang dilansir oleh naturalbeautyofwoman.blogspot.com

  • Pengelupasan Kulit Bibir

    Anda harus melakukan pengelupasan kulit mati pada bibir Anda setidaknya seminggu sekali. Caranya mudah, basahi bibir Anda dengan air hangat lalu gosok bibir Anda dengan sikat gigi lembut. Jika Anda khawatir hal tersebut bisa melukai bibir Anda, gunakan produk pengelupasan khusus bibir. Biasanya bentuknya seperti lip balm. Dengan produk ini kulit mati dan kulit kering akan mudah mengelupas.

  • Menggunakan Lip Balm

    Untuk mencegah bibir kering, Anda harus rajin menggunakan lip balm. Carilah pelembab bibir yang kaya lip balm, mengandung minyak alami dan SPF. Ini dapat menjaga bibir dari sinar matahari yang merupakan salah satu pemicu bibir kering.

  • Hindari Makan Pedas dan Asin

    Makanan yang terlalu pedas dan asin dapat menyebabkan bibir dan mulut menjadi kering. Kedua makanan ini juga akan membuat Anda cepat haus. Jadi hindari makanan ini saat sahur dan buka puasa.

  • Hindari Menjilat Bibir

    Membasahi bibir dengan air liur bukan hal yang bisa membantu Anda mengatasi bibir kering, malah akan memperburuk kondisi bibir. Air liur akan membuat bibir menjadi lebih kering.

  • Madu

    Madu merupakan bahan alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya di bibir. Perlu diingat bahwa Anda tidak bisa menerapkannya saat sedang berpuasa. Oleskan madu sebelum tidur. Saat sahur jangan lupa untuk meminumnya, selain mencegah bibir kering, madu juga memberikan kekuatan selama puasa. (vemale.com/ft.image)

Mengidap Kondisi Langka, Hewan Eksotis Ini Dijuluki ‘Kucing Alien’

Kucing merupakan hewan peliharaan yang disukai banyak orang. Bahkan banyak keluarga yang sengaja memelihara kucing dan menganggapnya sebagai anggota keluarga sendiri. Tapi kalau kucingnya memiliki sebuah kondisi langka seperti yang diidap Matilda, apakah Anda masih akan menjaga dan merawatnya?

Matilda, kucing berusia dua tahun ini sudah memiliki 30 ribu followers di akun Instagramnya. Dilansir dari mirror.co.uk, ia memang kucing yang lain dari biasanya. Kedua matanya terlihat membulat besar melebihi ukuran mata kucing biasa. Menurut pemiliknya, Matilda mengidap kondisi langka yang disebut luksasi lensa. Kondisi ini menyebabkan kedua lensa matanya melar dan melebar.

 

Dengan kondisi langka tersebut, Matilda pun dijuluki sebagai kucing alien. Ini karena kedua matanya yang besar seperti sepasang mata alien. Memang sih kalau diperhatikan lagi, Matilda memiliki sepasang mata yang begitu mirip dengan makhluk luar angkasa tersebut. Meskipun mengidap kondisi langka, Matilda dilaporkan berada dalam kondisi baik.

(mirror.co.uk)

Seorang spesialis sebelumnya memeriksa Matild dengan berbagai instrumen dan tes. Sampai akhirnya, sesuai dengan gejala-gejala yang ditemukan, Matilda menderita luksasi lensa seperti yang dialami oleh saudara-saudaranya.

Sang pemilik memutuskan tak akan membawa Matilda untuk dioperasi. Beruntung Matilda dirawat oleh orang-orang yang begitu peduli dan sayang padanya. Matilda akan terus dirawat dengan sebaik-baiknya dan dijaga kesehatannya. (vemale.com/ft.image)

Kapan Pria Biasanya Menangis?

Sejantan apapun seorang pria, dia tetaplah manusia yang memiliki perasaan dan bisa saja menangis. Sebuah studi dari Belanda menemukan fakta bahwa pria pun bisa menangis namun dengan alasan berbeda dari wanita.

Menurut penelitian yang dilaporkan oleh psikolog Ivan Nyklicek, Lydia Temoshok dan Ad Vingerhoets dari Tilburg University di Belanda, wanita meneteskan air mata dua hingga lima kali setiap bulan, tiga hingga lima kali lebih banyak dibandingkan pria.

Lalu kapan pria menangis? Pria meneteskan air mata ketika mengungkakan kebanggan, keberanian, kesetiaan, kemenangan dan kekalahan. “Hebatnya, pria menangis terhadap sesuatu yang lebih bersifat positif,” terang Vingerhoets seperti dikutip laman Live Science, Selasa (15/6/2015).

Namun, ada juga persamaan pria dan wanita tentang penyebab menangis. Seperti kematian orang yang dicintai, rasa rindu, dan putus cinta.

Lalu, wanita cenderung menangis terhadap hal-hal yang sepele seperti komputer yang lambat kerjanya atau tersinggung karena ucapan seseorang yang sebetulnya bermaksud bercanda. (liputan6.com/ft.image)

Apa Itu AA-DHA pada Susu?

Banyak istilah kandungan pada kemasan susu formula yang begitu familiar, namun kurang kita pahami manfaatnya. Nah, untuk mengusir rasa penasaran, kami berikan sedikit info tentang itu:

– AHA dan DHA
AHA adalah kepanjangan dari Arachidonic Acid, sedangkan DHA adalah kepanjangan dari Docosehaxaenoic Acid. Keduanya merupakan asam lemak tak jenuh dalam rantai panjang yang dibutuhkan untuk pembentukan otak, jaringan saraf, jaringan penglihatan, serta membantu pembentukan sistem imun pada bayi.

– Omega 3 dan omega 6
Asam lemak omega 3 dan omega 6 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak dapat dihasilkan tubuh. Menurut sejumlah ahli, kandungan omega 3 dan omega 6 pada susu mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Omega 3 dan omega 6 juga berguna untuk memelihara kesehatan rambut, kulit, kuku, dan mencegah kerusakan sel. Asupan omega 3 dan omega 6 harus seimbang karena memiliki fungsi yang saling terkait.

– FOS (frukto oligo sakarida) dan GOS (galakto oligo sakarida)
Kandungan ini berfungsi membuat pencernaan anak lebih baik karena FOS dan GOS dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri baik di usus dan mengurangi jumlah bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh. Namun perlu diingat, FOS dan GOS dan juga vitamin akan rusak jika dilarutkan dengan air panas. Jadi, cukup seduh dengan air suam-suam kuku atau air biasa. (kompas.com/ft.image)

4 Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Step 6 Lebih dari 1 rek

Baru berjalan setengah hari, tapi kok tubuh rasanya sudah lelah. Padahal tidur sudah cukup semalam, sarapan dan makan siang pun tak tepat waktu. Apa yang salah? Bisa jadi ini adalah tanda ada yang tidak beres di dalam tubuh Anda.

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (16/6/2015) berikut empat hal penyebab seseorang merasa mudah lelah.

1. Kurang zat besi atau anemia
Kurang zat besi dalam menu makanan Anda membuat tubuh seseorang mudah lesu. Meski banyak dialami perempuan, pria pun mungkin mengalaminya. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh konsumsi makanan sayuran hijau dalam menu sehari-hari.

2. Chronic Fatigue Syndrome (CFS)
Ini adalah penyakit yang membuat seseorang terus-terusan merasa kelelalahan hingga mempengaruhi kualitas hidup. Pasien sering mengeluh meski sudah cukup tidur tetap lelah keesokan harinya. Pergi ke dokter adalah cara untuk mengobati ini. Dokter akan mencari tahu penyebab CFS, apakah ketidakseimbangan hormon, infeksi virus, kekebalan rendah, hingga stres.

3. Diabetes
Kadar gula darah yang tinggi sering membuat seseorang kelelahan. Cara sederhana dengan tes darah dapat membantu Anda mengetahui kadar gula darah dan mengendalikannya.

4. Merasa tertekan
Perasaan tertekan atau cemas menyebabkan tubuh seseorang jadi mudah lelah. Jangan ragu untuk mengunjungi psikolog atau psikiater jika dirasa sudah mengganggu kehidupan. (liputan6.com/ft.image)

6 Rahasia Uban Rambut

Step 3

Saat muncul uban di rambut kepala, kebanyakan orang pasti akan langsung panik. Menjadi tua merupakan hal yang pertama kali muncul di pikiran. Hal ini disebabkan karena munculnya uban identik dengan tua. Sayangnya, munculnya uban merupakan fakta kehidupan yang tidak bisa ditolak. Sebab menjadi tua adalah hal yang pasti.

Daripada panik, berikut adalah hal yang wajib Anda ketahui tentang uban seperti dilansir dari healthmeup.com.

Akar rambut sebenarnya berwarna abu-abu
Tahukah Anda bahwa akar rambut sebenarnya berwarna abu-abu? Kemudian ketika tumbuh maka pigmen melanin akan memberi warna rambut Anda. Ketika Anda beranjak tua, maka sel penghasil pigmen akan mati dan membuat rambut berwarna abu-abu.

Penyebab utama uban adalah penuaan
Penuaan memang menjadi faktor utama adalah munculnya uban. Sebab seperti dijelaskan di atas, ketika Anda bertambah tua maka sel penghasil pigmen rambut akan mati dan membuat uban muncul.

Etnis mempengaruhi munculnya uban
Etnis menjadi salah satu penyebab munculnya uban. Secara umum, mereka yang beretnis kaukasian lebih mudah beruban kemudian diikuti oleh orang Asia dan keturunan Afrika-Amerika.

Gaya hidup memainkan peran
Merokok, stres, pola makan yang buruk, serta munculnya penyakit tertentu mampu membuat uban bertumbuh lebih cepat. Terutama jika makanan yang Anda konsumsi rendah akan kandungan vitamin B12.

Mencabut uban tidak membuat uban bertambah banyak
Banyak yang bilang jika Anda mencabut uban maka akan membuat uban tumbuh lebih banyak. Sebab hal yang sebenarnya adalah setiap folikel hanya menghasilkan satu rambut. Jadi, saat Anda mencabut satu rambut, maka folikel yang lain tidak akan menghasilkan uban.

Rambut yang tumbuh juga bisa berwarna abu-abu
Selain uban, rambut normal yang tumbuh juga bisa berwarna abu-abu. Sebab akar rambut sebenarnya berwarna abu-abu.

Ternyata, uban menyimpan fakta yang menarik bukan? Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda tentang dunia kesehatan. (merdeka.com/ft.image)

Kenali Fungsi Bulu di Ketiak

Pada umumnya, perempuan akan merasa tidak nyaman ketika menggunakan baju tanpa lengan dengan adanya bulu-bulu di ketiak. Namun, sebaliknya, mereka lebih percaya diri mengenakan baju tanpa lengan ketika bulu ketiak sudah dicukur bersih dan kulit ketiak tampak mulus.

Pandangan estetika membuat banyak perempuan merasa berkewajiban untuk mencukur habis bulu ketiaknya. Padahal, bulu ketiak diciptakan dengan beberapa tujuan.

“Bulu ketiak memiliki beberapa fungsi. Mulai dari mengurangi gesekan antara lengan atas dan bawah selama gerakan yang kuat, melindungi bagian tubuh yang dekat dengan arteri, serta memfasilitasi pelepasan feromon seks untuk menarik lawan jenis,” terang ahli perawatan kulit dari Haven Spa, Marta Camkiran.

Mencukur bulu ketiak memiliki beberapa risiko. Misalnya bisa membuat iritiasi, ruam, peradangan hingga infeksi dari pisau cukur yang kotor seperti diungkapkan profesor klinis dermatologi dari Yale University, dokter Mona Gojara.

“Sebagian besar wanita melakukan itu karena norma sosial. Tapi sebenarnya tidak ada alasan biologis untuk menghilangkan bulu di area ini,” tambah dokter Mona dilansir lamanPrevention, Senin (15/1/2015).

Tak benar juga jika dikatakan ketiak berbulu tanda jorok. “Berbulu tak masalah asalkan besih dan rajin merawatnya setiap hari,” tandas dokter Gojara. (liputan6/ft.image)

Ramuan agar Tubuh Berisi

Selama ini orang berpikir hanya yang gemuk saja memiliki keinginan untuk kurus. Padahal, atau orang kurus juga memiliki keinginan yang sama, ingin lebih berisi.

Tak heran bila di televisi ada iklan produk susu yang bermanfaat membuat tubuh lebih berisi. Namun sayang, tak semua orang bisa menerima susu di dalam tubuhnya.

Jika sudah seperti itu, tak ada salahnya mencoba ramuan agar tubuh berisi dikutip dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa dikutip Minggu (14/6/2015).

1 genggam daun pegagan

3 helai daun adem ati

2 ruas rimpang temu lawak

2 rus rimpang kunyit putih atau temu mangga

Cara membuat

Kupas temu lawak dan temu mangga, lalu cuci bersih keduanya. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Tambahkan gula aren dan asem. Saring. Minum ramuan ini tiap hari, 2 kali sehari.

Bila tidak ada daun adem ati, tambahkan setengah genggam daun pegagan.

Khasiat

Daun pegagan yang kaya mineral diketahui mampu menambah nafsu makan. Demikian juga daun adem ati, temu lawak, temu mangga memiliki khasiat yang sama. (liputan6/ft.image)

Brand Selection


  1. Follow Us On